Home > Arti Psikologi > Psikologi Klinis

Psikologi Klinis

January 4, 2010

PSIKOLOGI KLINIS


Dilihat dari sejarahnya, psikologi klinis kemungkinan besar merupakan wacana psikologi yang paling tua dan sekaligus merupakan akar wacana psikologi pada umumnya.

Psikologi klinis terbagi menjadi dua cabang, yaitu psikologi kesehatan dan psikologi medis. Psikologi kesehatan menekankan kinerjanya pada upaya membentuk perilaku sehat pada masyarakat dengan mengacu pada falsafah dasar positif yang bersifat preventif. Sedangkan psikologi klinis mengarah perhatiannya pada penerapan psikologi pada setting praktis medis.

Psikologi klinis adalah suatu bagian yang kegiatannya melakukan penelitian terhadap perilaku manusia, menerapkan hasil penelitian tersebut dan melakukan assessment.

Psikologi klinis menggunakan konsep-konsep psikologi abnormal, psikologi perkembangan, psikopatologi dan psikologi kepribadian serta prinsip-prinsip dalam assesment dan intervensi untuk dapat memahami masalah-masalah psikologis, gangguan penyesuaian diri dan tingkah laku abnormal.

Psikologi klinis memiliki peranan dalam memahami, mencegah dan memulihkan keadaan psikologis individu ke ambang normal. Singkatnya, psikologi klinis memberikan bantuan pada manusia yang mengalami masalah psikologis.

Tugas utama psikologi klinis adalah menggunakan tes yang merupakan bagian integral suatu pemeriksaan klinis yang biasanya dilakukan di rumah sakit.

%d bloggers like this: